Sumber:Cakrawalamedia.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com—Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyatakan bahwa KH Hasyim Muzadi merupakan tokoh bangsa sekaligus ulama yang santun, alim, teguh pendirian, moderat, dan bersahaja. Abdul Mu’ti mengaku sangat kehilangan atas kepergian kyai Hasyim Muzadi. Hal itu ia sampaikan saat dihubungi dari Jakarta, seperti dilansir Suara NU, pada hari Kamis (16/3).

“KH Hasyim adalah sosok ulama, pemimpin Muslim dan tokoh bangsa yang sangat alim, santun, teguh pendirian, moderat, dan bersahaja. Secara pribadi saya sangat kehilangan,” ujar Mu’ti.

Mu’ti menyatakan bahwa dirinya sangat dekat dengan Kyai Hasyim Muzadi. Walaupun jarak usia cukup jauh, tapi keakraban dan keterbukaan kyai Hasyim sangat ia rasakan. hal itu merupakan kebaikan yang  patut dicontoh oleh semua kalangan dari pribadi kyai Hasyim Muzadi yang pernah menjadi Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama tersebut.

“Secara pribadi saya dekat dengan beliau. Walaupun usianya sangat jauh di atas saya, tapi beliau sangat akrab dalam berkomunikasi dan berinteraksi, seperti tidak ada perbedaan usia,” ungkapnya.

Menurut Mu’ti kyai Hasyim Muzadi merupakan sosok yang moderat, terbuka, dan teguh pendirian. Kecintaan dan pembelaannya terhadap Islam sangat tinggi. Dalam kapasitasnya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, kyai Hasyim tetap mampu membangun hubungan baik dengan pihak yang berbeda pendapat dan keyakinan.

Kyai Hasyim tidak segan menyatakan pendapat yang sesuai dengan prinsip Islam. Bagi kyai Hasyim, perbedaan bukan penghalang untuk membangun persahabatan. “Selamat jalan kyai Hasyim. Semoga Allah menempatkannya di surga. Semoga lahir generasi yang melanjutkan perjuangannya,” tambah mu’ti.

Sebagaimana yang telah diketahui, KH Hasyim Muzadi meninggal dunia pada usia 73 tahun, kamis pagi, di Malang Jawa Timur. Kemudian sesuai wasiatnya, jenazahnya dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam II, Depok Jawa Barat. (fd/Suara NU/Kompas).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL