Sumber: harianpijar.com

Jakarta, Liputanislam.com– Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU), H Helmy Faisal Zaini mengatakan bahwa kunci terbentuknya perdamaian adalah adanya rasa persaudaraan antar sesama. Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat agar memperkuat ikatan persaudaraan dan menghargai perbedaan.

Hal itu disampaikan Helmy pada acara diskusi yang bertema “ Islam Agama Kemanusiaan: Menyambut Tahun Baru Islam 1440 H” di Gedung PBNU, Jakarta, pada Senin (10/9).

“Kunci dari perdamaian dunia itu harus memperkokok dulu ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia),” katanya.

Menurutnya, kesadaran memperkuat persaudaraan merupakan kunci dalam mewujudkan perdamaian dunia yang menjadi impian semua manusia. Tanpa persaudaraan, maka yang timbul adalah konflik. Sebab itu, ia mengimbau semua pihak agar memiliki komitmen yang kuat dalam uapaya menciptakan perdamaian.

“Maka NU dan kita semuanya berkomitmen agar menjadikan agama ini mendamaikan,” ucapnya.

Islam sendiri, lanjut Helmy, merupakan agama yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan persaudaraan. Hal itu sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 114 yang berisi tentang tiga hal: sedekah, berbuat baik, dan mengadakan perdamaian di antara manusia. (ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*