Jakarta,LiputanIslam.com—Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Nur Syam, menyampaikan agar semua lapisan masyarakat khususnya umat Islam untuk memperkuat wawasan tentang Islam wasathiyah. Menurutnya, Islam wasathiyah merupakan Islam yang memberikan keselamatan bagi umat manusia. Hal itu ia sampaikan pada diskusi publik Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Selasa (21/3).

Menurut Nur Syam,  penguatan itu merupakan langkah yang tepat untuk menangkis  masuknya paham-paham radikalisme, ekstremisme, dan terorisme di Indonesia. “Perkuat Islam wasathiyah, Islam yang memberikan keselamatan bagi seluruh umat manusia,” katanya.

Beliau itu juga menambahkan, bahwa Islam harus ditunjukkan sebagai agama yang memang memberikan rahmat bagi semua umat manusia. Karena itu, umat Islam harus kuat di dalam yang tentunya dapat dicapai dengan memperkuat rasa persaudaraan ukhuwah Islamiyah.

Pada kesempatan itu, dia juga mengakui bahwa hingga sekarang memang ada agenda-agenda seperti sekte-sekte dari luar yang terus berusaha masuk ke Indonesia. Dan menurutnya, hal itu harus dihadapi oleh umat Islam, dengan memperkuat rasa kebangsaan.

Nur syam menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk selalu menjaga nilai-nilai kebangsaan. Umat juga dituntut agar berperan aktif mempertahankan konsensus empat pilar kebangsaan. “Jangan lupakan Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” tegasnya.

Nur Syam meyakini, masyarakat yang mampu memegang Pancasila sebagai ideologi negara, tentu akan memiliki kecintaan pula kepada negaranya. Karena menurutnya, landasan itu tentu akan menjadi kekuatan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (fd/Republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL