Foto: vitraprawira.net/

Foto: vitraprawira.net/

Yogyakarta, LiputanIslam.com-Ketika mengetikkan kata Saptuari pada situs pencarian Google, maka akan muncul 188.000 hasil pencarian dalam beberapa detik (diakses tanggal 16/10/2014). Pemilik asli bernama Saptuari Sugiharto ini pertama kali muncul di muka publik dan mulai dikenal sebagai entrepreneur muda ketika tampil pada acara Kick Andy yang dipandu Andy F. Noya di Stasiun Televisi Metro TV. Kick Andy adalah salah satu tayangan yang sarat inspirasi yang mengangkat berbagai cerita sukses bahkan terkadang cerita pilu dari ujung negeri. Pada episode tersebut mengangkat beberapa wirausahawan muda yang usahanya tengah menanjak. Salah satunya adalah Saptuari Sugiharto.

Saptuari memulai usahanya dengan membuka Kedai Digital. Kedai tersebut merupakan sebuah percetakan yang memberikan pelayanan jasa seperti pembuatan merchandise hingga pencetakan kartu nama. Dari kerja kerasnya kini Saptuari memiliki lebih dari 60 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Perjuangan Saptuari hingga sukses memang tak semulus yang diperkirakan banyak orang. Saptuari bahkan pernah berganti-ganti pekerjaan, dari penjaga tas di Koperasi Mahasiswa UGM (almamaternya) hingga menjadi pekerja kantoran di sebuah perusahaan jasa bidang teknologi dan informasi.

Meskipun gempa bumi pada tahun 2006 pernah meluluhlantakkan kantor dan semangatnya, akhirnya Saptuari bangkit dari keterpurukan dan berhasil sukses hingga bisa membuka usaha baru seperti kaus Jogist dan Kedai Digital Bordir.

Saptuari yang pernah memenangi berbagai penghargaan dalam bidang entrepreneur ini, kemudian aktif dalam lembaga sosial Sedekah Rombongan yang didirikannya pada tanggal 9 Juni 2011. Sedekah Rombongan merupakan gerakan sosial yang dibangunnya melalui sosial media twitter untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pengobatan namun tak memiliki biaya. Bahkan saat gunung Merapi Meletus tahun 2011 silam, Sedekah Rombongan bisa menghimpun dana sosial hingga mencapai 180 juta rupiah dari sosial media. Hingga kini Sedekah Rombongan masih terus aktif menyalurkan bantuannya kepada orang-orang yang berhak. Semua laporan keuangan dilaporkan secara transparan dalam situs sedekahrombongan.com. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL