Aveus Har (kanan jongkok) bersama rekan di Rumah Baca FLP Pekalongan/fb

Aveus Har (kanan jongkok) bersama rekan di Rumah Baca FLP Pekalongan/fb

Pekalongan, LiputanIslam.com – Tak ada yang menduga sebelumnya jika sosok lelaki berusia 37 tahun yang sehari-hari melayani pembeli mie ayamnya adalah seorang novelis. Dia adalah mas Harso atau dikenal dengan nama pena Aveus Har. Mas Harso begitu panggilan akrabnya berjualan mie ayam di pingging jalan Patimura, Wiradesa, Pekalongan dengan ukuran sekitar 4 x 4.

Uniknya mas Harso bisa melayani pembeli sealigus mencicil tulisan-tulisannya melalui ponselnya yang setia menemani kesehariannya. Dari ponsel itulah lahir karya-karya yang berhasil dibukukan hingga tujuh buah judul buku. Seperti yang diceritakan seorang bloger kompasiana.com, Adi Toh saat mengunjungi warung mie ayamnya.

Ketekunannya dalam menulis novel patut diacungi jempol. Ditengah aktifitasnya melayani pembeli, Aveus Har begitu produktif menghasilkan beberapa buah karya. Aktifitas yang dimulai sejak pukul 11 hingga pukul delapan malam bukan menjadi halangan bagi Aveus Har untuk terus berkarya. Dengan ponsel sederhana itulah ia merangkai kata demi kata sehingga menjadi sebuah rangkaian cerita. Seusai menutup warungnya barulah ia kemudian menyalin kembali tulisan-tulisannya di ponsel ke komputernya.

Bakat menulis Aveus Har terlihat, rupanya bermula pada saat ia masih duduk di bangku SMP. Ia rajin menulis untuk majalah dinding sekolah kemudian mengirimkan karya yang pertama kali dimuat di majalah Ceria Remaja. Ia begitu bangga dengan karya yang dimuatnya, bahkan majalahnya sempat dia abadikan berkat bantuan seorang temannya. Sejak itu karya-karyanya selalu terbit di beberapa majalah terkenal seperti Aneka, Kawanku dan lain sebagainya.

Aveus Har seolah mematahkan bahwa kesibukannya mencari nafkah dengan berjualan mie ayam tak mampu menghentikannya untuk terus berkarya. Kini ia sedang menunggu novel terbarunya terbit dengan judul “Sejujurnya Aku” yang sebelumnya merupakan jawara dalam lomba penulisan novel Bentang Populer dengan judul asli Flawless Hope.  (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL