Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan bahwa kebudayaan merupakan pondasi cara berfikir, sikap dan perilaku lahirnya Indonesia. Kebudayaan telah menjadi nafas masyarakat Nusantara bahkan sebelum hadirnya Indonesia sebagai entitas negara-bangsa. Hal itu ia sampaikan pada Acara Silaturahim Kebudayaan di lantai 8 Gedung PBNU, Jakarta Pusat, pada Jumat (28/7).

“Kebudayaan sejak dahulu telah menjadi bagian integral dan tidak dapat dipisahkan dari denyut nadi masyarakat Nusantara. Wali Songo, misalnya, menjadikan kebudayaan sebagai medium fundamental diseminasi ajaran Islam yang telah mencirikan ajaran agama dalam bentuknya yang khas, yakni Islam Nusantara yang santun, fleksibel dan adaptif dengan perkembangan zaman,” ujar Kiai Said Aqil.

Kiai Said menjelaskan bagaimana dahulu para Wali Songo berhasil berdakwah melalui pendekatan budaya. “Melalui kreasi adilihung wayang, tembang-tembangan, dan alat musik tradisional, Wali Songo berhasil membangun dialog mutualistik antara budaya dan agama,” ucapnya.

Ia juga menerangkan tentang keberadaan negara Islam. Bahwa sejatinya tidak ada negara islam, jika merujuk pada konsep negara yang dibangun oleh Rasulullah. “Yang ada adalah negara madinah, yakni negara berkeadaban, berkebudayaan dan melibatkan semua unsur bangsa dari berbagai agama dan suku,” ungkap Kiai Said.

Gelaran silaturahim kebudayaan yang diadakan oleh Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama tersebut mengangkat tema “Meneguhkan Eksistensi Budaya dalam rangka Memperkuat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Tampak pameran lebih dari 100 keris, Musik Keroncong, pembacaan puisi dan suluk “Sapta Wikrama” dari Lesbumi,  Mocopat dari Sujiwo Tejo, Pencak Silat dari Pagar Nusa, Gholla Barghawaz Kesenian Celempung Sunda Wiwitan, dan di akhiri dengan seminar kebudayaan. (Ar/Kompas/Republika/NU Online).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL