yogi

Foto: kaskus

Jakarta, LiputanIslam.com —  Sebuah rumus matematika yang bikin ‘njelimet’ para ahli sedunia dan membelenggu pemikiran pakar ilmu pengetahuan dan teknologi selama 30 tahun akhirnya berhasil dipecahkan. Bukan orang Amerika Serikat yang mengurai rumus itu. Atau orang Inggris, juga bukan Jepang, dan Norwegia. Si jenius ini warga Indonesia, asli Tasikmalaya, Jawa Barat. Salut!

Rumus matematika tersulit sedunia yang dimaksud yakni ‘Persamaan Helmholtz’. Banyak ahli yang menghindari untuk memecahkan rumus ini sebab memiliki kerumitan tingkat dewa. Siapa sih warga Tasikmalaya yang jenius ini?

Yogi Ahmad Erlangga. Dia peraih gelar ‘cum laude’ sarjana strata 1 dan 2 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Yogi melanjutkan strata 3 (S3) di Belanda. Pria yang juga dosen penerbangan di ITB ini ditantang untuk memecahkan rumus Helmholtz oleh perusahaan minyak Shell dan Universitas Teknologi Delft, Belanda. Kelar mengadakan riset berdana Rp 6 miliar yang seluruhnya ditanggung Shell, Yogi akhirnya mampu membungkam dunia. Dia berhasil memecahkan rumus terumit itu dan mendapat penghormatan penuh dari berbagai universitas terkemuka di Eropa, Amerika, bahkan Israel!

Banyak industri yang merasa terbantu dengan pemecahan rumus ini dan bukan industri sembarangan. Mulai dari industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data, dan aplikasi laser. Selain itu seluruh industri yang berhubungan dengan gelombang elektromagnetik juga sangat terbantu.

Lihatlah kawan, betapa hebatnya pemuda-pemudi Indonesia. Mereka mampu mengharumkan negeri ini di mata dunia. Dibanding menebarkan kebencian, lebih baik bekerja keras dan saling tolong menolong dengan sesama. Jayalah Indonesia. (ba)

—-

Sumber tulisan: Bintang.com

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL