Sumber: setkab.go.id

Depok, LiputanIslam.com– Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Rudiantara mengatakan bahwa pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi fokus pemerintah saat ini. Tergetnya, membangun dan mengembangkan ekosistem anak negeri untuk menguasai teknologi di masa yang akan datang.

Demikian hal itu disampaikan Rudiantara saat menghadiri Pekan Komunikasi 2019 di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, seperti dilansir setkab.go.id, pada Selasa (9/4).

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan SDM adalah, dengan menghadirkan program Digital Talent Scholarship dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). “Salah satu permasalahan kita adalah sumber daya manusia, maka Indonesia butuh rata-rata 600 ribu digital talent setiap tahunnya,” ucapnya.

Rudiantara menjelaskan, pengembangan digital talent ini difokuskan kepada generasi muda, industri, serta dunia bisnis. Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, kata dia, pemerintah harus fokus kepada pembangunan sumberdaya manusia. “Tahun ini, pemerintah akan kembangkan 20 ribu digital talent, maksimalnya 25 ribu. Mudah-mudahan tahun ini 20 ribu tercapai. Tahun depan, akan kita tingkatkan lagi,” ujarnya.

” Yang mendaftar mencapai 46 ribu, sementara yang mengikuti tes tersisa 21 ribu. Kami sendiri ketika itu hanya menerima seribu digital talent. Ini yang kita lakukan (digital talent) untuk menyiapkan generasi muda Indonesia bersaing di kancah global. Termasuk, salah satu kontributornya adalah UI, karena Kominfo juga kerjasama dengan UI,” tandasnya. (aw/setkab).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*