AntaraFoto

AntaraFoto

Surabaya, LiputanIslam.com – Anak-anak SD Muhammadiyah ini sangat membanggakan. Pasalnya mereka mampu mempersembahkan sebuah kemenangan dalam ajang Olimpiade Robotika 2015 di Singapura yang diselenggarakan pada tanggal 26-28 Maret 2015. Tim SD Muhammadiyah 4 Surabaya membawa dua robot dengan kategori Rescue Line Primary.

Mereka menamai robot pertama dengan nama Robofighter yang juga memiliki fungsi memindahkan objek dengan sensor line berwarna hitam. Melalui sensor garis hitam itulah Robofighter bisa bergerak memindahkan barang sesuai dengan jalur yang ditentukan.

Jalur robot tersebut sengaja dibuat tidak mudah, beberapa rintangan dan halangan akan menjadi hal yang akan dihadapi sang robot ditengah perjalanan. Objek yang ditentukan sebelumnya berupa bola dengan diameter 5 cm.

Lain lagi dengan Robot kedua yang dinamai Roborush. Perbedaan dari Robofighter adalah cara mengambil bolanya. Robofighter mengambil bola dengan cara menjepitnya. Sedangkan Roborush mengambil bola dengan cara menjepit kemudian memasukkan dan membawanya menuju sasaran yang dituju, seperti diberitakan Tribunnews.com.

Salah satu guru pembimbing anak-anak SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Endik mengatakan kedua robot yang mereka gunakan merupakan robot yang juga dibisa digunakan untuk membantu korban bencana alam seperti kebakaran. Namun dalam kondisi demikian ukurannya pun disesuaikan.

Robot rakitan anak bangsa ini berhasil melintasi garis hitam tanpa melakukan kesalahan sedikitpun. Selain itu, rintangan yang memang dipersiapkan untuk robot salah satunya adalah balok dengan ukuran 5 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 10 cm.

Hal tersebut membuktikan kembali bahwa anak-anak bangsa mampu bersaing di kancah dunia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL