Robot Humanoid Universitas Riau/konfrontasi.com

Robot Humanoid Universitas Riau/konfrontasi.com

Pekanbaru, LiputanIslam.com – Indonesia ternyata memiliki robot humanoid yang bisa menari gangnam style. Robot tersebut dipamerkan oleh Mahasiswa Universitas Riau (UR) Jurusan Teknik Elektro dihadapan para tamu yang berasal dari Universitas Teknologi Malaysia dan Universitas Nagoya Jepang yang menghadiri event Engineering Expo di Pekanbaru.

“Robot yang dipamerkan tersebut merupakan jenis robot humanoid dengan ukuran sekitar 60 cm dan telah mengikuti berbagai lomba” tutur Muhammad Jubri Fikri, mahasiswa Jurusan Elektro semester tujuh seperti dikutip dari antaranews.com.

Selain canggih, robot tersebut juga mampu memecah kebekuan diantara para peserta yang hadir saat robot tersebut menari gangnam style. Tak pelak tepuk tangan meriah membahana tak henti-hentinya sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa yang membuatnya juga robot yang menari gangnam style dengan lucunya.

Biaya pembuatan robot tersebut memang terbilang cukup mahal. Fikri membocorkan bahwa dana yang harus dirogoh hingga mencapai Rp 20 juta/unit.

Mahasiswa Jurusn Elektro Universitas Riau kini memiliki enam unit robot. Dari enam unit robot tersebut hanya empat robot yang berjenis humanoid dan sisanya merupakan robot jenis laba-laba dan robot yang dipasangi roda.

Kegiatan yang mengusung tema “Academic Excellent Towards Industry Competitiveness” tersebut dibuka oleh rektor UR, Aras Mulyadi. Pertunjukan robot tersebut, bersamaan dengan Engineering Expo yang diadakan di UR pada tanggal 17-19 November 2014. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL