ansor demakDemak, LiputanIslam.com – Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) telah sigap menempuh langkah-langkah strategis guna membendung radikalisme yang belakangan ini marak di Tanah Air. Mengimbangi hal ini, sekitar 3.500 warga NU Demak mengadakan Apel Akbar di Alun-Alun Kota Demak, Jum’at, 24 April 2015.

Jama’ah yang yang terdiri atas anggota Ansor, IPNU, PMII, Pagar Nusa, dan PMII ini membentuk barisan memenuhi lapangan pusat kota Demak. Mereka dengan tegas menyatakan penolakan terhadap paham dan gerakan radikalisme.Komandan apel diisi oleh Ketua PAC GP Ansor Gajah Nur Rondi. Sedangkan inspektur apel adalah Bupati Demak KH Dachirin Said.

Dalam amanah apel, KH Dachirin menegaskan, Ansor dan Banser harus berani menghadapi tantangan yang ada termasuk kelompok ekstremis dan radikal yang merongrong NKRI dan penyalahgunaan agama sebagai kedok kepentingan yang harus ditangkal dengan nilai dan ajaran Aswaja yang harus dipertahankan.

“Nilai dan ajaran Aswaja tersebut telah diajarkan dan disebarluaskan para wali. Karena itu, nilai-nilai Aswaja ini terus kita perjuangkan dan dipertahankan sebagai benteng mengatasi aliran radikal termasuk ISIS di kota wali ini,” tegasnya, seperti dilansir NU Online.
Ketua Ansor Demak Abdurrahman Kasdi mengatakan, dengan apel yang mengusung spirit meneguhkan nilai-nilai Aswaja, Ansor bertekad mengikis habis paham radikalisme yang marak termasuk paham ISIS yang marak belakangan ini menjadi tantangan bagi Ansor dan Banser.

“Paham itu harus kita tangkal agar tidak berkembang di masyarakat, karena itu Ansor dan Banser harus memiliki kekuatan untuk menghadapi berbagai tantangan agama dan negara ini,” katanya.

Sementara itu ketua panitia apel akbar Khoiri menambahkan, apel ini menjadi momentum kebangkitan Ansor dan Banser dalam mengabdikan diri pada umat di  kota wali Demak yang mayoritas Nahdliyyin. Ia juga menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan apel akbar ini.

“Alhamdulillah apel berlangsung lancar, khidmat dan semarak, kami sangat berterima kasih pada semua pihak yang telah membantu kesuksesan apel ini,” katanya.

Apel Akbar ini diramaikan dengan berbagai atraksi menarik dari para pesilat Pagar Nusa NU, dari bela diri, kekebalan termasuk atraksi pedang sampai sepak bola api dan diakhiri dengan display marching band MTs NU Demak.

Apel selain dihadiri para tokoh NU juga ikut hadir muspida antara lain, Kapolres AKBP Heru Sutopo, Dandim 0716 Demak Letkok Inf Nanan Thomas Taufan Wibisono, Plt Sekda Pemkab Demak dr Singgih Setyono, Wakil Ketua DPRD Demak H Budi Achmadi, Ketua PCNU Demak KH Musadad Syarief, Ketua MUI Demak KH Moh Asyiq, Mantan Ketua GP Ansor yang juga Wakil Ketua DPRD Demak Maskuri serta undangan lainnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL