Sumber: metrotvnews.com

Bogor, LiputanIslam.com– Ribuan santri dari berbagai pesantren di Bogor ikut meramaikan kegiatan Jalan Sehat Sarungan Santri di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (5/11). Acara jalan sehat ini digelar sebagai agenda puncak peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober lalu.

Ketua Pelaksana Jalan Sehat Sarungan Santri, Hasbullah mengatakan bahwa kegiatan jalan sehat tersebut dimulai dari Balaikota Bogor dan berakhir di Jalan Semeru, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan acara tabligh akbar. Kegiatan jalan sehat merupakan puncak peringatan hari Santri di Kota Bogor. “Tanggal 21 dan 22 Oktober ada acara juga, tapi hanya acara internal saja di pesantren masing-masing,” ucapnya.

Hasbullah menjelaskan, penggunaan sarung memang sengaja dipilih sebagai ciri khas santri, khususnya di Indonesia. Kegiatan jalan sehat, lanjut dia,  juga memiliki esensi syiar. Yakni syiar akan pentingnya menjaga komitmen keislaman, komitmen ke-Indonesiaan, keutuhan NKRI, dan komitmen kemanusiaan.

“Sarung peci dan koko adalah ciri khas keislaman Indonesia, jadi komitmen keislaman Indonesia itu terpancar dari pawai sarungan kali ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga berharap agar  para santri terus menjaga sikap toleransi dengan semua umat manusia. Dengan demikian, maka syiar dan citra Islam akan semakin kokoh dan memberikan rasa damai bagi kehidupan ini. (Ar/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL