Foto: Blues.gr

Foto: Blues.gr

Jakarta, LiputanIslam.com-Remaja yang lahir 17 tahun lalu di Jakarta ini, kini menjadi sorotan dunia musik tingkat Internasional. Pasalnya, Reyhan Naufal atau yang lebih beken dengan nama Reyharp ini mampu menyihir penonton pada Festival Harmonika se-Asia Pasifik pada tahun 2012. Pada saat yang sama, Reyharp memenangi diatonik kontes dengan persaingan yang sangat kompetitif. Belum cukup sampai disitu, Reyharp juga memukau penonton saat mengunjungi kota Melbourne, Australia.

Seperti di lansir dari situs Blues.gr, perkenalan Reyharp dengan harmonika terjadi tanpa disengaja saat dia menemukan sebuah HOHNER Blues Harmonika yang tergeletak diatas lemari pamannya. Dengan bentuk instrumen yang menarik serta unik membuat Reyharp muda semakin penasaran dengan alat musik tersebut. Sejurus kemudian, Reyharp belajar bermain Blues dengan pamannya serta mengembangkan bakat musiknya dengan mempelajari musik Jazz secara autodidak.

Seiring berjalan waktu, Reyharp terbukti dapat belajar dengan baik dan sekarang ia mampu memainkan harmonika diatonis dengan berbagai unsur warna musik melalui penggunaan teknik bending dan overbending dalam memainkan harmonika. Meskipun masih remaja, Reyharp telah membuktikan pengalamannnya yang tidak bisa dianggap sepele. Ia bahkan telah tempil di berbagai pertunjukan langsung dan memenangi beberapa pengharagaan.

Beberapa musisi Jazz yang memengaruhi gaya permainannya seperti Keith Jarrett, Wynton Marsalis, Charlie Parker atau Didier Lockwood. Sebagai pemain harmonika ia juga terinspirasi oleh Haward Levy, Carlos del Junco dan Toots Thielemans.

Keluarga Reyharp telah mengenalkan musik klasik sejak Reyharp masih belia. Tak heran jika Reyharp mencintai musik sejak masih kanak-kanak. Selain musik klasik, keluarganya pun menikmati, mendengarkan dan bermain musik jazz.

Nama Reyharp sendiri merupakan nama panggung Reyhan Naufal. “Rey” diambil dari nama Reyhan dan “Harp” yang berarti harmonika. Suara diatonik harmonika memang sangat lekat dengan jenis musik Blues. Itulah mengapa Reyharp menyukai Blues. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL