jawapos

jawapos

Bandung, LiputanIslam.com – Ranginang Desanesia merupakan salah satu bisnis kreatif yang digagas Adinda Soraya Mutialarang. Dia merupakan sarjana lulusan agribisnis Universitas Padjadjaran yang baru saja memenangi penghargaan Social Entrepreneur Awards dari sebuah bank swasta nasional.

”Awalnya memang ranginang (Sunda, Red), namun kini ada olahan hasil alam pedesaan lain seperti keripik bayam dan stik buncis yang kami buat lewat Desanesia,” ujar Adinda, seperti dilansir dari jawapos.com.

Adinda menjelaskan, tujuan utama Desanesia adalah mengangkat penghasilan ibu-ibu di desa melalui pembuatan produk kreatif. Adinda awalnya hanya tahu soal Desa Cikoneng. Saat itu dia mendapatkan informasi bahwa desa tersebut selama ini terkenal sebagai penghasil rengginang. Namun, makanan itu hanya menjadi usaha sampingan karena hanya dijajakan di sekitar desa.

Meski Desa Cikoneng dikenal sebagai daerah penghasil rengginang, mayoritas penduduknya malah berstatus buruh kebun. Itulah yang membuat penghasilan penduduk cukup rendah. ”Kalau buruh kebun pendapatannya ya fluktuatif, bergantung musim panen,” ujarnya. Kondisi tersebut membuat Desa Cikoneng termasuk sembilan desa tertinggal di Jawa Barat versi bappeda.

Kini, sejak ada Desanesia, kondisi ibu-ibu di Desa Cikoneng berubah. Mereka bisa membantu suaminya mendapatkan tambahan pemasukan Rp 300 ribu–Rp 500 ribu per bulan. Ibu-ibu itu juga masih mendapatkan bagi hasil setiap akhir tahun.

Kemasan yang menarik itulah yang membuat produk tersebut juga bisa diterima di mal. Menurut Adinda, makanan-makanan Desanesia sudah ada di salah satu mal terbesar di Bandung. Perluasan jangkauan pemasaran juga dilakukan melalui media sosial dan official online store Desanesia.

Dalam impiannya, Adinda bertekad Desanesia ada di setiap desa tertinggal di Indonesia. Impian itulah yang sejak awal dia tulis dalam brand bisnisnya, Desanesia. Artinya, pemberdayaan produk desa untuk Indonesia. ”Saya ingin minimal Desanesia ada di satu desa di tiap provinsi,” ujarnya. (fie/jawapos)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL