Sumber: timesindonesia.co.id

Depok, LiputanIslam.com– Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof M Anies menyatakan bahwa aksi bela negara harus melibatkan semua elemen bangsa. Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai ancaman, baik fisik maupun ideologi. Oleh karena itu, bela negara saat ini bukanlah dengan mengangkat senjata semata.

“Dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui bela negara harus melibatkan semua elemen; yaitu ulama, umara, perguruan tinggi,” ucap M Anies pada acara Halaqoh Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara, di Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat, seperti dilansir NU Online, pada Kamis (26/10).

Menurut M Anies, bela negara harus melibatkan perguruan tinggi. Karena dengan adanya pendidikan tentang ideologi dan cara pandang yang benar, maka akan melahirkan para generasi muda yang bertanggungjawab terhadap kemajuan dan keutuhan bangsa.

“Demi jaga keutuhan,  cara tepat dengan melibatkan dunia pendidikan. Kita sadari bagaimana media sosial (medsos) menjadi ancaman keutuhan bila menyampaikan hal negatif. Tentunya bila ada kesamaan pemahaman tentang ke-Indonesia-an, maka bisa menjadi filter tersendiri,” ujarnya.

Salah satu upaya dalam pendidikan, lanjut dia, adalah dengan menekankan kembali dalam kesamaan pemahaman ke-Indonesia-an. Yakni perwujudannya melalui nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 45. “Perlu dicari metode menanamkan nilai Pancasila sejak dini. Tidak bisa anak sekarang disuruh menghafal Pancasila dan P4. Tentunya, generasi milenium beda dalam penyampaian dan metodenya,” terangnya.

Acara Halaqoh Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara menghadirkan 200 ulama dan cendekiawan.  Gagasan kegiatan tersebut dicetuskan almarhum KH Hasyim Muzadi sebagai upaya menyatukan visi misi ulama umara menjadikan aswaja dan bela negara sebagai sumbangsih pada NKRI. (Ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL