1603598pria7780x390

Kontan

LiputanIslam.com – Usianya terbilang masih relatif muda. Adi Pramudya, 22 tahun, memberikan inspirasi dari bisnisnya dengan membudidayakan berbagai rempah dapur seperti lengkuas, kencur, dan kunyit. Dengan lahan subur yang masih ada di Indonesia, Adi membidik sektor agribisnis sebagai pilihan usahanya.

Adi yang berasal dari Pati ini memulai usahanya sejak tahun 2012 menggunakan bendera CV Anugerah Adi Jaya. Dia membuka usaha bisnis ini lantaran ia melihat banyak lahan yang menganggur di daerah Jonggol, Bogor. Dengan lahan 5 ha, setiap lahan bisa menghasilkan 35 ton hingga 40 ton rempah. Setiap kali panen, ia mampu meraup omzet hingga Rp 300 juta rupiah seperti dilansir dari kompas.com (10/1).

Adi mengungkapkan budidaya rempah-rempah tergolong mudah perawatannya dan peluang gagal panen sangat kecil. Namun sebelumnya Adi pernah membudidayakan singkong. Baginya singkong pun tidak terlalu sulit merawatnya. Sayangnya menurut dia, pasaran singkong kurang baik.

Adi akhirnya beralih membudidayakan rempah-rempah. Pasalnya keuntungan yang diperolehnya lebih besar dibandingkan jika ia membudidayakan singkong. Untuk setiap ha lahan yang ditanami rempah-rempah, Adi bisa mengantongi omzet Rp 70 juta per ha dengan keuntungan yang didapat sekitar 40 hingga 50 persen.

Adi memilih untuk membudidayakan lengkuas. Dalam tempo dua tahun saja Adi telah menguasai pasar Jabodetabek sebagai pemasok lengkuas. Saat ini Adi bahkan telah merambah hingga luar negeri yang diekspor ke negeri Jerman dan Belanda.

Kini lahan Adi telah bertambah dari 5 ha pada awalnya menjadi 11,5 ha. Dengan lahan yang lebih luas, Adi mematok target untuk mendapatkan omzet Rp 750 juta pada pertengahan tahun ini.

Selain menanami 70 persen lahannya dengan lengkuas, ia juga merambah tanaman kencur dan kunyit. Rencananya pada tahun 2015 ia akan mencoba membudidayakan tanaman jahe.

Dengan keterampilan dan visinya dalam bidang bisnis rempah dapur, Adi mampu membiaya kuliahnya sendiri sejak semester empat. Adi pun tetap bisa lulus kuliah tepat waktu. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*