Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma’ruf Amin menjelaskan sikap persaudaraan yang harus dimiliki oleh setiap warga NU (nahdliyin). Menurutnya, setidaknya  ada lima karakteristik yang dimiliki Nahdlatul Ulama di dalam melaksanakan gerakan dakwah dan berinteraksi dengan sesama. Pernyataan itu disampaikan Kiai Ma’ruf saat berceramah pada Tasyakuran Harlah Fatayat NU Ke-67 di Jakarta, pada Jumat (28/4).

Kiai Ma’ruf menyampaikan, kelima karakteristik itu ialah pertama, NU itu santun. Kepada siapa saja, warga Nahdlatul Ulama memiliki sikap yang santun.

Kedua, sikap NU ialah mengajak, bukan memaksa. “Kedua suka rela. Mengajak orang dengan suka rela. Tidak ada paksaan wa la intimidasian (intimidasi),” ujarnya.

Ketiga, toleran. NU juga dikenal sebagai organisasi yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Kiai Ma’ruf mengungkapkan, pada dasarnya teologi Islam itu sangat toleran dan itu yang menjadi pedoman bagi NU. Keempat, gerakan pelayanan kepada umat. Mulai dari pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan lainnya. “Gerakan pelayanan publik untuk memudahkan orang yang memerlukan,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Terakhir, karakteristik NU ialah membangun sikap saling mencintai dan menyayangi antar sesama. Bagi Kiai Ma’ruf, sikap saling kasih tidak hanya ditujukan kepada sesama Nahdliyin ataupun sesama Muslim saja, tetapi juga kepada mereka yang beda agamanya. “Maka dari itu NU mengembangkan prinsip ukhuwah (persaudaraan),” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan bahwa NU selama ini telah mengembangkan setidaknya tiga konsep persaudaraan, yakni persaudaraan umat Islam (ukhuwwah islamiyyah), sesama anak bangsa (ukhuwwah wathoniyyah), dan persaudaraan antar manusia (ukhuwwah basyariyyah). Hanya saja, menurut Kiai Ma’ruf, ada satu lagi yang perlu ditambahkan yakni Ukhuwwah Nahdliyin. “Ukhuwwahnya kurang satu, ukhuwwah nahdliyyah (persaudaraan warga NU). Setelah muktamar agar tidak nggrundel terus,” tambahnya. (Ar/ NU Online).

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL