Taufiq Ismail/Kemendikbud/BillyAntoro

Taufiq Ismail/Kemendikbud/BillyAntoro

Jakarta, LiputanIslam.com – Tak bisa dimungkiri urusan baca-tulis, Indonesia sangat tertinggal. Bahkan sejak Indonesia merdeka pun urusan baca tulis ini tak terlalu bergairah, tradisi penting tersebut tak terlalu tampak. Pasalnya, kurikulum dan pengajaran bahasa dan sastra di Sekolah dinilai kurang memberikan perhatian besar pada aktivitas baca-tulis.

Seperti laporan dari antaranews.com, Sastrawan Taufiq Ismail mengatakan, salah satu cara mengejar ketertinggalan tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan Lomba Menulis Cerita (LMC). Menurutnya, kegiatan tersebut akan memunculkan tradisi membaca dan menulis di kalangan para pelajar.

“Saya berharap, kegiatan ini terus-menerus dilakukan agar tradisi membaca dan menulis di sekolah-sekolah kita mulai dari tingkat paling bawah dapat tertanam dengan kukuh,” ujarnya pada pembukaan LMC di Bogor, Jawa Barat.

Taufiq merasa bersyukur karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa tahun konsisten menyelenggarakan LMC bagi siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTs.

Tahun ini saja Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kemendikbud kembali menggelar LMC tingkat Nasional. Ribuan naskah diterima oleh panitia baik untuk ketegori SD maupun kategori SMP. Dari ribuan karya tersebut dewan juri hanya memilih sekitar 74 naskah untuk melaju pada babak pertama. Kemudian disaring kembali naskah terbaik sejumlah 15 naskah yang maju sebagai finalis.

Ada total 30 naskah dari dua kategori yang kemudian diundang untuk menghadiri workshop dan penjurian di Hotel Rizen Premiere, Bogor, Jawa Barat, pada 10-14 November 2014.

Mereka yang diundang akan langsung berhadapan dengan dewan juri untuk melakukan sesi wawancara. Selain wawancara, peserta yang merupakan para finalis akan mendapatkan penugasan mandiri dari para dewan juri kemudia dipresentasikan dan tahap akhir naskah tersebut diperbaiki. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL