Sumber: wjtoday.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sarung merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Sarung disetiap daerah masing-masing memiliki motif dan filosofi yang tinggi. Oleh karena itu, menurutnya sudah seharusnya sarung ditempatkan ditempat yang baik sebagai budaya bangsa.

Demikian itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau Festival Sarung Indonesia Tahun 2019 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu (3/3) sore.

“Inilah kekayaan budaya kita yang kita harus ditempatkan pada tempat yang paling baik sebagai penghargaan kita atas karya dan produksi setiap provinsi yang berbeda-beda corak, berbeda-beda motif, berbeda-beda warna, memiliki filosofi-filosofi yang tinggi,” ungkapnya.

Sebagai wujud apresiasi terhadap ragam produksi dari berbagai daerah, lanjut Presiden, dirinya sebagai kepala pemerintahan memiliki keinginan agar setiap hari tertentu dalam satu bulan kita memakai sarung bersama-sama. Dengan begitu, nantinya akan semakin meneguhkan bahwa sarung sebagai identitas kebangsaan kita.

“Bisa seminggu sekali, bisa dua minggu sekali, bisa sebulan sekali. Kita lihat nanti. Nanti lama-lama setiap hari pakai sarung,” ucapnya. (aw/setkab).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*