Sumber: indeksberita.com

Bogor, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pengusaha, terutama yang menguasai lahan negara yang berjumlah besar agar mengembalikan lahan-lahan itu kepada negara. Presiden mengaku, dirinya menunggu pengembalian lahan tersebut, dan nantinya akan digunakan untuk rakyat.

“Jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan konsesinya kepada negara, saya tunggu, saya tunggu sekarang,” tegasnya pada pidato Kebangsaan di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (24/2).

Di tengah sorak sorai dan tepuk tangan riuh dilontarkan sekitar 15.000 pendukung yang hadir di dalam ruangan itu, Presiden menegaskan lahan-lahan itu nanti akan diberikan kepada rakyat kecil. “Dan akan saya bagikan untuk rakyat kecil. Karena masih banyak rakyat kita yang membutuhkan,” ucapnya.

Awalnya, ia menyinggung program perhutanan sosial yang telah dikerjakan pemerintahannya selama 4,5 tahun terakhir. “Kita bagikan konsesi lahan untuk rakyat yang hidup di sekitar hutan. Sudah kita bagikan 2,6 juta hektar konsesi dari 12,7 juta hektar yang memang telah dipersiapkan. Sekali lagi ini konsesi lahan untuk rakyat kecil. Konsesi lahan untuk rakyat kecil,” kembali menegaskan.

Seperti yang telah diberitakan, pada acara debat calon presiden beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi menyinggung tanah ratusan ribu hektar yang dikuasai Prabowo. Pada waktu itu, Prabowo mengaku tanah itu Hak Guna Usaha (HGU) dan akan mengembalikannya kepada negara jika rakyat membutuhkan. (aw/tribun).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*