Sumber: bisnis.com

Seoul, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa kagumnya terhadap sungai Cheonggyecheon yang tampak sangat bersih dan rapi di tengah Kota Seoul. Menurutnya, sungai itu dapat dijadikan inspirasi untuk sungai-sungai di Jakarta. Hal itu disampaikan Presiden saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon., Seoul, Korea Selatan, pada Selasa (11/9) pagi.

“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu kita bisa,” ucapnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Sungai Cheonggyecheon pada tahun 2003 hampir sama keadaannya dengan sungai Ciliwung Jakarta. Kemudian Gubernur Lee Yon Park membangun sungai itu selama 2 tahun 3 bulan, sehingga sekarang menjadi sungai yang bersih dan indah. Keberhasilan Lee Yon Park dalam membangun sungai Cheonggyecheon mengantarkan dirinya menjadi Presiden Korea saat ini.

Menurut Presiden Jokowi, Jakarta saat ini sudah menjadi sister city dengan Seoul. Sehingga akan terjalin kerjasama dalam penanganan sungai. Bahkan sebagai warga kehormatan Kota Seoul, dirinya hanya meminta resep bagaimana membangun Sungai Cheonggyecheon.

Sementara Walikota Seoul Park Woon-soon mengakui bahwa memang sudah terjalin kerjasama dalam bentuk sister city antara Jakarta dan Seoul. Park  juga mengaku siap membantu apapun yang diperlukan Presiden Jokowi selaku warga kehormatan Seoul.

“Jadi kalau bapak Presiden selaku warga kehormatan datang ke Seoul semua fasilitas gratis buat Bapak,” katanya. (ar/setkab).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*