Sumber: wikiparlemen.com

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia bersyukur memiliki Pancasila sebagai sumber energi ideologis bangsa, yang memandu seluruh anak bangsa dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018, di Gedung Nusantara MPR RI Jakarta, pada Kamis (16/8).

“Pancasila adalah bintang pengarah, penggerak, sumber inspirasi, dan sekaligus sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” ucapnya.

Dengan berpegang teguh pada Pancasila, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lain di dunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Selama 73 tahun ini, Indonesia sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh, tahan banting, dan ingin terus berprestasi meraih kemenangan dan kemajuan.

“Kita bersyukur telah mampu memanfaatkan kebinekaan dengan ciri khas budayanya masing-masing dan dengan kearifan lokalnya masing-masing untuk menjadi sumber energi kemajuan bangsa, menjadi sumber energi yang tidak pernah habis,” ungkapnya.

Bangsa Indonesia bersyukur menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, sekaligus menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia. Indonesia juga telah berhasil lepas dari ketakutan terhadap ancaman instabilitas dan kekerasan politik. Rakyat menyambut pesta demokrasi dengan kegembiraan, dengan antusiasme yang tinggi, serta kedewasaan politik yang semakin matang.

“101 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2017 dan 171 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2018 telah berhasil kita laksanakan dengan aman dan damai,” ujar Presiden. (ar/setkab).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*