Sumber: nu.or.id

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu telah meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari di Jombang, Jawa Timur. Museum tersebut memajang koleksi benda bersejarah yang terkait dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia serta karya-karya para ulama Nusantara.

“Ingin tahu bagaimana Islam masuk ke berbagai daerah di Nusantara? Datanglah ke Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari di Jombang, Jawa Timur. Kemarin, saya meresmikan museum yang bersebelahan dengan Pondok Pesantren Tebuireng, pesantren yang didirikan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 1899 ini,” kata Presiden, seperti dilansir NU Online Jakarta, pada Rabu (19/12).

Menurut Presiden, adanya museum Islam Indonesia ini mengingatkan kembali bahwa Islam masuk ke Indonesia dan kawasan Nusantara dengan damai dan menghargai budaya lokal. “Museum ini mengingatkan kita bahwa Islam masuk ke Nusantara dengan proses yang sangat damai: dengan dialog, dengan menggunakan media budaya lokal, seperti syair, wayang, gurindam, kasidah, dan lain-lain,” ucapnya.

Museum ini mengingatkan masyarakat akan kejayaan kerajaan-kerajaan Islam dari Aceh sampai Maluku yang akhirnya turut mengantarkan Indonesia pada kemajuan bangsa di masa kini. Masyarakat juga diingatkan bahwa Indonesia yang kita miliki sekarang dengan bentuk NKRI yang berlandaskan ideologi Pancasila.

Negara dan bangsa Indonesia sejatinya turut dibentuk oleh para ulama, santri, umat Islam, bersama-sama dengan elemen bangsa lainnya. “Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Tebuireng yang terus melanjutkan perjuangan KH Hasyim Asy’ari menjaga Indonesia,” ungkapnya. (ar/NU Online).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*