Sumber: detak.co

Bandung, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendorong anak muda Indonesia untuk segera memasuki dunia usaha. Menurutnya, dalam 5 (lima) tahun kedepan Indonesia mempunyai peluang sebesar 130 miliar dollar AS. Oleh karena itu, para anak muda Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang tersebut.

“Ke depan digital economy memberikan kesempatan kepada anak muda. Lima tahun ke depan ada peluang 130 miliar dolar AS di negara kita,”  ucapnya pada acara Entrepreneurs Wanted! (EW!) di  Gedung Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, pada Senin (18/2).

Menurut Presiden, di era ekonomi digital saat ini peluang dan kesempatan sangat terbuka lebar bagi anak muda yang ingin berbisnis. “Alamnya sudah berbeda. Kita memiliki kebebasan berinteraksi dengan speed yang tinggi, jadi gunakan kesempatan ini,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga mendorong anak-anak muda mengubah paradigma jangan sampai semua mau jadi pegawai setelah kuliah. Anak muda Indonesia harus dapat belajar dari siapa pun dan dari mana pun termasuk dari narasumber wirausaha sukses, agar mengenal kegagalan dan tidak mudah menyerah.

“Kalau jatuh, bangkit lagi, saya kira semuanya yang sudah sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Sekali coba langsung sukses enggak ada itu rumusnya dalam kewirausahaan,” ungkapnya.

Ia menyatakan, bahwa anak muda agar tidak ragu memulai bisnis sekecil apa pun. Menurutnya, tidak perlu perencanaan yang terlalu bertele-tele yang mengakibatkan usaha tersebut malah tidak berjalan. “Kapan mulainya tidak ada waktu yang tepat. Memulai bisa kapan saja, yang jelas tidak akan pernah jadi kalau tidak memulai. Yang penting jangan gengsi,” terangnya. (Ar/Setkab).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*