Sumber: asarpua.com

Medan, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi gelar kebangsawanan tertinggi Kesultanan Deli, yakni Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri. Penganugerahan gelar berlangsung di Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu (7/10) siang.

Presiden Jokowi dan rombongan disambut langsung oleh Sri Paduka Sultan Deli, Yang Mulia Pemangku Sultan Deli, dan Datuk Empat Suku. Presiden disambut dengan Tari Persembahan di halaman Istana Maimun. Kemudian dilanjutkan di dalam istana dengan pembacaan doa, pembacaan sinopsis pemberian gelar, dan dilanjutkan dengan prosesi penganugerahan gelar.

Sultan Deli Yang Mulia Tuanku Mahmud Arya Lamanjiji Perkasa Alam mengatakan bahwa gelar yang dianugerahkan kepada Presiden Jokowi merupakan gelar bangsawan tertinggi Kesultanan Deli. Presiden Jokowi dinilai berhasil membangun bangsa dan memberikan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

“Selamat datang kerabat baru, Bapak Presiden Jokowi. Makna gelar yang diberikan adalah semoga beliau senantiasa menjadi pemimpin yang baik, mampu mengembuskan tiupan angin segar ke seluruh pelosok Indonesia,” ucapnya.

“Itu gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli. Pertimbangan kami menganugerahkan gelar tersebut setelah menyaksikan betapa kerasnya upaya Bapak Presiden menjalankan program pemerintahan, membangun negara, dan mensejahterakan kehidupan rakyat di tengah gejolak politik dan ekonomi yang melanda dunia saat ini,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga dinilai telah memberikan perhatian besar terhadap kelangsungan hidup kesultanan dan kerajaan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan serangkaian pertemuan secara rutin dengan para sultan, raja dan masyarakat adat untuk mengidentifikasi dan mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi. (ar/setkab/kompas).
 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*