jokowi palestinaJakarta, LiputanIslam.com — Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam ke-5 resmi ditutup pada tanggal 7 Maret 2015 lalu oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). KTT OKI menghasilkan Deklarasi Jakarta yang poin utamanya adalah menyerukan boikot terhadap produk Israel yang dihasilkan dari daerah pendudukan.

Jokowi berdiri di podium bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Sekretaris Jenderal OKI Iyad Ameen Madani menyampaikan sikap OKI. Menurutnya, kedaulatan Palestina merupakan isu penting bagi Indonesia dan negara anggota OKI yang lainnya. Pasalnya, Palestina merupakan satu-satunya negara peserta OKI dan KAA yang belum merdeka.

’’Deklarasi kemerdekaan Palestina sudah dilakukan pada 1998. Namun, kenyataannya wilayahnya masih dikuasai oleh Israel. Ketegangan di dalam negeri pun masih ada. Karena itu, pimpinan dunia Islam menghasilkan rencana konkrit untuk memerdekakan Palestina,’’ ujarnya, seperti dilansir Jawapos, (7/3/2016).

Jokowi juga mengingatkan kembali seluruh negara anggota OKI tentang tujuan awal pembentukan organisasi tersebut.

’’OKI dibentuk karena adanya kebutuhan mendukung perjuangan Palestina,’’ ujarnya. Karena itu, menurut Jokowi, jika OKI tidak bisa menjadi bagian dari solusi Palestina, maka keberadaan organisasi itu sudah tidak relevan lagi.

Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia sejak awal konsisten menentang penjajahan Israel atas Palestina.

’’Bung Karno menegaskan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel,’’ ucapnya.

Produk apa sajakah yang harus diboikot?

Sejak tahun 2005, gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) telah meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel dari sektor ekonomi sebagai bentuk perlawanan masyarakat sipil terhadap pendudukan,  kolonialisme, dan apartheid Rezim Zionis Israel.

Artinya, diperlukan perubahan pola gaya hidup, untuk konsumen yang biasa menggunakan produk-produk tersebut. BDS telah merekomendasikan setidaknya sepuluh produk, yang wajib diboikot karena memiliki keterlibatan dalam pendanaan guna menjamin eksistensi Israel.

Baca: Boikot 10 Produk ini

Selain itu, masih banyak produk barang ataupun jasa lainnya yang juga menggunakan teknologi Israel, termasuk iPhone, iPads, MacBook, Skype, firewall komputer, dan Microsoft XP. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL