Sumber: nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan bahwa Islam Indonesia di kagumi dunia. Presiden mengaku, hal itu terbukti saat ia menyampaikan fakta keberagaman Indonesia di berbagai konferensi internasional. Keberagaman Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau, 714 lebih suku, 1100 bahasa lokal yang berbeda, 415 kabupaten, dan 34 provinsi, dan memiliki 6 Agama resmi tersebut, telah membuat dunia internasional terheran dan kagum.

“Indonesia bisa menjadi rujukan, role model, bagi negara-negara di dunia,” ujar Presiden saat menyampaikan pidato pada acara Halaqah Alim Ulama dan Deklarasi Majelis Dzikir Hubbul Wathan di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Kamis (13/7).

Menurut Jokowi, kondisi Tanah Air yang relatif stabil tidak lepas dari peran ulama yang berkomitmen terhadap nilai-nilai kebangsaan. Indonesia mampu menciptakan kehidupan yang harmonis di tengah keberagaman karena umat Islam yang merupakan penduduk terbesar menerapkan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin. Rakyat Indonesia mampu hidup rukun satu sama lain.

“Saya yakin kerukunan, persatuan atas keberagaman di negara kita, menjadi kekaguman dunia terhadap kerukunan Indonesia. Hal itu terjadi karena kemampuan umat Islam Indonesia menerapkan Islam yang rahmatan lil alamin, bukan hanya diucapkan tapi implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Presiden Jokowi.

Acara Halaqah Nasional Alim Ulama tersebut mengangkat tema “Memperkokoh Landasan Keislaman Nasionalisme Indonesia”. Di hadiri juga oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia yang juga Rais Aam PBNU KH Ma’ruf Amin, Wakil Rais KH Miftahul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, ulama sepuh KH Maimoen Zubair, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan serta sekitar 700 ulama dari berbagai daerah di Indonesia. (Ar/NU Online)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL