Sumber: faktamedia.net

Bandung, LiputanIslam.com– Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum HAM dan Kebijakan Publik, M Busyro Muqoddas meminta  pemerintah menjaga independensi dan membela kepentingan rakyat, dan bukan justru berpihak kepada kekuatan pemodal. Hal demikian disampaikan Busyro Muqoddas saat memberikan Taushiyah Kebangsaan yang diselenggarakan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) dan Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM), di Aula Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukajadi, Bandung, Kamis malam  (13/4).

Busyro mengungkapkan, saat ini banyak sekali peraturan yang justru mendukung pihak pemodal. Hal seperti itu jika terus dibiarkan, maka akan berbahaya untuk kepentingan rakyat. “Banyak sekali peraturan perundang-undangan dan aturan di bawahnya, dinilai menjauhi nilai-nilai Pancasila, disusun  by request. Inilah kalau pemerintah tunduk kepada pemodal. Hukum kemudian bisa dibeli,” ungkapnya.

PP Muhammadiyah itu mengingatkan, tata ruang  kini menjadi bisnis dan korupsi model baru, antara penguasa dan pengusaha plus makelarnya. Kondisi ini sangat ironis, di tengah mayoritas masyarakat justru  tidak memiliki tanah dan terperangkap kemiskinan. Kemiskinan yang didesain oleh kebijakan, akibat adanya hukum pesanan.

Oleh karena itulah, ia meminta para kader muda, pengurus dan anggota Muhammadiyah untuk berfokus kepada dakwah yang mampu memberdayakan kaum tertindas, melawan ketimpangan dan penyelewengan yang terjadi di lingkungan sekitar.  Busyro juga meminta semua kader Muhammadiyah untuk terus aktif mengontrol atas berbagai kebijakan pemerintah.

“Analisis situasi sosial lingkungan sekitar, baik ranting, cabang, daerah dan wilayah masing-masing. Sebagai contoh Kota Bandung ini, jangan sampai di daerah hijau itu berdiri pohon beton, gedung dan perumahan.  Jika itu terjadi, itu kezaliman tata ruang, bisa menjadi indikasi adanya permainan kotor. Korbanya masyarakat, hujan kecil aja terjadi banjir besar,” ucapnya. (Ar/Suara Muhammadiyah/UMM).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL