Sumber: pwmu.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan Hidup, Kebencanaan dan ZIS, Hajriyanto Y Thohari menyatakan bahwa kunci untuk membangun peradaban adalah dengan membangun kekuatan ekonomi. Hal itu ia sampaikan dalam pengajian bulanan di Gedung Pusat Dakwah PP Muhammadiyah di Jakarta, pada Jumat (7/4).

Hajriyanto menyampaikan, saat ini umat Islam baru jumlahnya saja yang besar. Sedangkan dari sisi penguasaan ekonomi masih lemah. Padahal untuk membangun suatu peradaban dibutuhkan kekuatan ekonomi. “Umat Islam baru jumlahnya saja yang besar. Untuk bisa membangun peradaban, harus membangun kekuatan ekonomi. Karena sejarah telah meperlihatkan, yang bisa membangun peradaban itu masyarakat yang kaya,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, jika Muhammadiyah ingin membangun keunggulan umat Islam di Indonesia, maka termasuk hal yang harus didahulukan adalah membangun keunggulan ekonomi dengan memanfaatkan semua potensi yang ada. Menurutnya, kita memiliki potensi yang sangat besar, hanya saja belum terimplementasi dengan baik. “Potensi ekonomi besar, potensi politik juga besar, tapi masih menjadi kekuatan laten. Belum manifest, belum muncul, untuk memanifestasikan bukan pekerjaan gampang,” katanya.

Hajriyanto menjelaskan, dalam ajaran Islam itu pada dasarnya mengajarkan umat untuk kaya. Perintah membayar zakat, secara tersirat  adalah perintah untuk menjadi kaya sehingga memenuhi syarat untuk menunaikan kewajiban zakat. Bahkan para sahabat nabi banyak yang berprofesi sebagai pengusaha. “Perintahnya, umat Islam itu membayar zakat, bukan mencari zakat,” ungkapnya.

Sementara pada tempat yang sama, ketua PP Muhammadiyah bidang Ekonomi, Kewirausahaan dan UMKM Anwar Abbas menyatakan bahwa sudah saatnya umat Islam menjadi penentu dan menjadi tuan di negerinya sendiri. Dengan syarat, umat Islam menjadi umat yang berkemajuan. “Membangkitkan ekonomi umat dan menguasai sumber daya material agar bisa menjadi penentu,” ucapnya. (Ar/Suara Muhammadiyah/PWMU).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL