Sumber: suaramuhammadiyah.id

Palangkaraya, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah), Haedar Nashir mengatakan bahwa bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar dan maju. Hal itu ia sampaikan saat membuka acara Tanwir ke-2 Pemuda Muhammadiyah yang bertema “Integritas dan Produktifitas Kaum Muda Untuk Keadilan Sosial” di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada Senin (27/11).

Menurut Haedar, ada lima syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Indonesia berkemajuan tersebut. Pertama, bangsa ini mempunyai dasar nilai agama dan dasar ideologi negara yaitu Pancasila. “Harus disinergikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Kedua, pandai memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia, dengan penuh amanah dan bermanfaat. Ketiga, menjadikan warga negara yang berakhlak mulia, cerdas dan berkemajuan. “Agar kita tidak bisa bodohi orang dan diakali orang lain,” terangnya.

Keempat, harus mampu membangun kekuatan ekonomi. Dalam hal ini, kata Haedar, maka harus menambah gerakan produktivitas dan mengurangi hal-hal yang tidak produktif. Kelima, jika pemimpinnya memiliki visi dan misi, atau pemimpin yang visioner, yang mampu membaca kondisi saat ini dengan merencanakan visi kebaikan kedepannya.

“Oleh karena itu seorang pemimpin harus pandai iqra’ bismirobbikaladzi khalaq (membaca dengan nama Tuhan), dengan cara yang cerdas untuk menentukan arah bangsa ke depan,” tambah Haedar. (Ar/PWMU).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL