Sumber: pontianak.tribunnews.com

Sambas, Liputanislam.com– Pengurus Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri Cabang Sambas menggelar Sekolah Islam Gander (SIG). Menurut Ketua Pengurus Cabang PMII Sambas, Sri Wulandari bahwa kegiatan sekolah tersebut diadakan sebagai upaya PMII untuk terus berkontribusi bagi daerah dalam menjawab berbagai tantangan global.

“Semoga dengan kegiatan ini, Kopri PMII Sambas mampu memberikan perannya, serta dapat menjawab isu-isu strategis dan mampu menjawab tantangan nasional maupun global yang berkaitan dengan isu-isu gender,” ujarnya di Sambas, Kalimantan Barat, pada Senin (27/11).

Menurut Wulandari,  Berdasarkan dari hasil kajian yang telah dilakukan Sekolah Islam Gender, bahwa menjadi penting untuk bersama-sama belajar, khususnya perempuan dalam menjaga wilayah perbatasan yang berkaitan dengan isu-isu perempuan baik di bidang ekonomi, politik dan pada bidang lainnya.

“Untuk mewujudkan itu, tidaklah mudah dan butuh juga dari peran serta pemerintah yang sangat dibutuhkan. Baik dalam regulasi maupun politik, yang berhubungan dengan isu-isu gender dalam konteks masyarakat ekonomi ASEAN,” ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Sambas, Hairiah  menyampaikan hingga kini tidak semua orang menerima dan bisa memahami konteks dari kesetaraan gender. Masih banyak orang yang berpikir bahwa kesetaraan mengadopsi ilmu dari barat.

“Tapi, sebenarnya pada zaman Rasulullah peran pemuda perempuan dan laki-laki cukup jelas. Kita lihat sekarang perempuan banyak bekerja di pabrik dan beraktivitas lainnya, pada zaman Rasulullah juga ada wanita karir, seperti Siti Khatijah juga melakukan berniaga,” terangnya.

“Sambas mempunyai banyak potensi, baik Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia (SDM), kebudayaan dan jasa yang bisa dikembangkan di Kabupaten Sambas. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sambas sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PMII, karen ini merupakan kemajuan yang patut disyukuri,” tambah Hairiah. (Ar/Republika/Tribun).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL