Foto: Pikatan Arya Bramajati/Merdeka.com

Foto: Pikatan Arya Bramajati/Merdeka.com

Purwokerto, LiputanIslam.com – Ada yang menarik dalam salah satu kontingen peraih medali dalam Wizards At Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014 di India.

Pikatan Arya Bramajati ternyata seorang anak SD kelas VI SD Sokanegara 2, Purwokerto, Jawa Tengah. Usianya baru menginjak 11 tahun, namun prestasinya sudah mendunia. Pikatan adalah salah satu peserta perwakilan dari Indonesia satu-satunya yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Seperti dalam laporan merdeka.com, bocah 11 tahun tersebut harus bersaing dengan kakak kelasnya di SMP dari berbagai belahan negara lainnya. Namun, hal tersebut tidak mengurungkan semangat Pikatan, ia mampu menundukkan lawan-lawannya dari berbagai negara dengan menyabet satu medali emas dari delapan perolehan tim Indonesia di India.

Kompetisi WIZMIC merupakan kompetisi ketiga taraf internasional yang diikuti oleh Pikatan. Pada kompetisi sebelumnya di Singapura dalam ajang International Mathemathics Competition (IMC) 2013, Pikatan mampu mempersembahkan medali perunggu bagi bangsa. Selang setahun kemudian pada ajang yang sama Pikatan mampu menyabet medali perak.

Sama halnya seperti Dinda, Kent, dan Vania, Pikatan mempersiapkan kompetisi WIZMIC 2014 di karantina Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di Bogor. Proses persiapan yang sangat singkat selama lima hari dan keteguhan serta kesungguhan Pikatan akhirnya berbuah manis. Pikatan mampu meraih nilai tertinggi sehingga berhak atas medali emas. Dalam ajang tersebut Pikatan mampu bersaing dengan 172 peserta dari 43 tim yang berasal dari berbagai penjuru dunia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL