Foto: Albarr/kemendikbud

Foto: Albarr/kemendikbud

Jakarta, LiputanIslam.com – Bocah 9 tahun ini mendapatkan penghargaan khusus dalam kuis Kihajar 2014. Pasalnya ia adalah peserta termuda yang mengikuti ajang kompetisi tersebut. Ainun Albarr Qolby Mecca akhirnya berhak atas hadiah berupa uang tunai Rp 1 juta dan sebuah laptop.

Sontak terpancar kegembiraan dari wajah Albarr, seperti layaknya seorang anak-anak ia pun meloncat-loncat kegirangan di atas panggung seperti yang dilansir dari antaranews.com.

Albarr mengaku deg-degan saat menerima trofi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan. Siswa kelas 5 SD Negeri Jetis 3, Lamongan Jawa Timur tersebut juga sangat menggemari olahraga basket.

“Saya deg-deg-an waktu bersalaman dengan Pak Menteri,” aku Albarr dengan polosnya.

Selain mendapatkan teman baru Albarr pun mengaku mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Meskipun harus berkutat dengan kompetisi pada hari pertama, Albarr tidak merasa bosan karena semuanya dilalui dengan cara yang menyenangkan.

Meskipun bercita-cita sebagai dokter, Albarr dikenalkan pertama kali pada internet oleh Ayahnya. Saat Albarr memiliki keinginan untuk mengikuti kuis Kihajar, orangtuanya pun mengamininya.

“Albarr ini suka tantangan. Jadi ketika dia ingin mencoba sesuatu yang positif, ya kami dukung,” kata sang ibu yang ikut mendampingi.

Sebelum mengikuti kompetisi di Jakarta, Albarr mengikuti kuis Kihajar pada Maret 2014 dan ia dapat menyelesaikannya dengan baik.

Dari 20 soal pilihan ganda, Albarr mampu meraih nilai terbaik sehingga mewakili Provinsi Jawa Timur untuk jenjang SD.

Kuis Kihajar yang merupakan singkatan dari Kuis “Kita Harus Belajar” adalah kompetisi tanya jawab soal yang mengandalkan kemampuan siswa dan siswi untuk menjawab soal-soal berbagai mata pelajaran.

Kuis ini diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA melalui SMS atau secara daring (online).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanmelalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) telah menyelenggarakan Kuis Kihajar sejak 2005. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL