Sumber: ceramahmotivasi.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta, KH Mujib Qulyubi menyampaikan bahwa  pondok pesantren mempunyai manajemen pendidikan yang baik. Hal ini tentunya berbeda dangan pandangan banyak orang yang menganggap pesantren tidak memiliki manajemen yang jelas.

“Di balik penampilan yang dikesankan biasa-biasa saja dan bahkan banyak kelangan memandang Pesantren tidak memiliki manajemen yang jelas, ternyata semua itu tidak benar,” ujar Kiai Mujib seperti dilansir republika.co.id di Jakarta, pada Kamis (7/12).

Menurut Kiai Mujib, berdasarkan hasil penelitian yang ia lakukan yakni “Manajemen Pendidikan Karakter di Pesantren”, ternyata beberapa pendidikan pesantren di Indonesia banyak yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Pendidikan di pesantren membina akhlak para santri.

“Saya menemukan bahwa di Pesanteren Kevin Jambu Al-Islamy, juga di Pesantren-pesantren lain, ada manajemen yang secara langsung berkorelasi dengan pembentukan akhlak dan karakter santri,” terangnya.

Dengan penelitian ini juga, Kiai Mujib berhasil mempertahankan disertasinya di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung. “Insya Allah hasil kajian ini akan dikembangkan dan disempurnakan agar ada manfaatnya bagi dunia pendidikan. Pesantren punya banyak nilai yang otentik. Salah satunya percaya pada barokah. Ini yang menyebabkan ilmu santri menjadi bermanfaat,” ungkapnya. (Ar/Republika).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL