Sumber: siberklik.com

Manna, LiputanIslam.com– Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara langsung meresmikan Gedung Seni dan Budaya Ikatan Keluarga Seluma, Manna dan Kaur (Ika Semaku) di Kota Manna, Bengkulu Selatan, pada Minggu (10/3) malam.  Rohidin mengharapkan Ika Semaku dapat memperkaya dan semakin memperkuat budaya Melayu di Provinsi Bengkulu.

“Provinsi Bengkulu memiliki berbagai macam suku dan budaya. Disana terdapat Ikatan Keluarga Seluma, Manna dan Kaur (Ika Semaku). Semaku sendiri menggambarkan keberagaman yang ada serta teruji dalam hal perbedaan warna,” ucapnya.

Menurutnya, Ika Semaku bukan hanya berdasarkan ikatan kesukuan tapi lebih seperti ikatan kekeluargaan. Nilai kekeluargaan tersebut sudah diwariskan sejak turun-temurun. “Tak hanya itu, Ika Semaku juga diharapkan dapat menjadi wadah lembaga kemasyarakatan di Provinsi Bengkulu,” ungkapnya.

sementara Ketua Ika Semaku Drs.H.Sumardi MM menjelaskan bahwa pembentukan Ika Semaku adalah bertujuan untuk melestarikan seni budaya yang ada di keluarga Seluma, Manna dan Kaur. Apalagi dengan adanya Gedung Seni Budaya Semaku, bisa menarik semua kalangan untuk membantu melestarikan seni dan budaya yang ada. Ia juga Mengharapkan pada tahun ini, pemerintah dapat membangun taman-taman bunga yang begitu indah dengan 16 warna.

“Adapun 16 warna sendiri memiliki arti. Diantranya tetap aman dan damai, tidak ada asung fitnah dan semua lancar atau jangan sampai ada perpecahan bagi seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu,” katanya.

Pada kesempatan itu tampak hadir juga Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Bupati Kaur Gusril Fauzi dan Asisten Setda Seluma serta FKPD Provinsi Bengkulu. (aw/ harianrakyatbengkulu).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*