Sumber: nu.or.id

Purwakarta, LiputanIslam.com– Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulam (PBNU), KH Mustofa Aqil Siroj menyatakan bahwa prinsip perjuangan NU adalah mewujudkan kemaslahatan umat. Menurutnya, prinsip itu sesuai yang diteladankan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam.

“Kalau Allah itu Robbal ‘Alamin, Nabi Muhammad itu Rahmatan lil ‘Alamin, sedangkan NU itu Ma’al ‘Alamin (bersama umat seluruh alam),” ucapnya saat membuka Bahtsul Masail Pra-Munas dan Konbes NU di Pesantren Al-Muhajirin 3 Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (10/11).

Pada kegiatan yang bertema “Mencari Jalan Keluar Kesenjangan Ekonomi dan Radikalisme Agama” tersebut, kiai Mustofa mengatakan bahwa dalam upaya menciptakan negara yang aman, adil, dan berkeadaban,  maka NU akan terus bergandengan tangan dengan setiap warga bangsa dan semua umat beragama.

Dia juga berkisah tentang proses awalnya NU berdiri pada tahun 1926. Kiai Hasyim Asy’ari meminta Kiai Ridwan Abdullah Surabaya untuk membuat logo NU. “Shalat malam dan istikhoroh dilakukan Kiai Ridwan. Setelah keluar dari rumah, ia melihat jagat (bola dunia) terlukis di atas langit. Lalu ia masuk rumah, kembali keluar rumah, gambar jagat itu masih terlihat hingga berkali-kali,” terangnya.

Kemudian Kiai Ridwan, lanjutnya, langsung matur (menyampaikan) pengalaman dari proses rohani tersebut kepada Kiai Hasyim Asy’ari. Kiai Hasyim menangkap bahwa jagat adalah isyarat untuk dijadikan logo NU. “Simbol jagat yang terlihat itu luar biasa karena menandakan bahwa NU harus menaungi orang sejagat (sedunia),” ungkapnya.

Dalam acara itu hadir juga Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Rais PCNU Purwakarta KH Abun Bunyamin, Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah, Ketua Lakpesdam PBNU Rumadi Ahmad, Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa, Wakil Ketua LBM PBNU KH Abdul Moqsith Ghazali, Ekonomi Universitas Padjajaran Prof Arief Anshory Yusuf, dan tokoh-tokoh lainnya. (Ar/NU Online).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL