Sumber: jatimsatu.net

Surabaya, LiputanIslam.com– Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyampaikan akan pentingnya bershalawat pada Nabi SAW. Sebab, menurutnya shalawat dapat menghadirkan syafaat atau pertolongan bagi umat manusia ketika amalnya ditimbang di hari kiamat kelak. Hal itu ia sampaikan di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (4/12).

“Pertolongan ini penting, sebab belum tentu seluruh amal perbuatan yang kita lakukan di dunia dapat menyelamatkan kita dari siksa api neraka,” ujarnya.

Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul itu mengatakan, bahwa syafaat Rasulullah SAW sangat dibutuhkan oleh umat manusia saat menghadap Allah SWT. Pasalnya, meski telah melakukan segala tuntunan yang ada dalam kitab suci Alquran, seperti shalat lima waktu, beramal dengan baik, dan lainnya, belum tentu cukup untuk menyelamatkan manusia di hari kiamat kelak.

“Tidak ada yang bisa menjamin bahwa amal perbuatan yang kita lakukan di dunia sudah mencukupi kita untuk masuk ke surga-Nya. Bisa saja amalan kita kurang lengkap. Saat itulah kita perlu syafaat dari Rasulullah SAW, dan itulah manfaat dari bershalawat,” terangnya.

Selain itu, lanjut Gus Ipul, manfaat lain shalawat adalah untuk menambah ilmu lewat tausiah dari para kiai dan ulama. Apalagi, Allah SWT sudah menjanjikan, barang siapa yang memiliki ilmu, maka dia akan diangkat derajatnya di dunia dan akherat. Orang yang sering bershalawat juga akan gampang paham, bukan gagal paham.

“Hadir di majelis, juga ikut berkontribusi membangun kebersamaan serta memperkuat persatuan dan kesatuan negeri,” tambahnya. (Ar/Republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL