anak main internet

Jakarta, LiputanIslam.com – Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ismail Cawidu mengatakan bahwa hingga sekarang pengguna Internet di Indonesia mencapai sedikitnya 73 juta atau sekitar 29 persen dari total populasi. Maka tak heran kini perusahaan internet dunia mulai berbondong-bondong membuka kantor cabangnya di Indonesia.

“Dari jumlah pengguna Internet itu sekitar 58,4 persen rata-rata di usia 12 hingga 34 tahun,” kata Ismail, saat menjadi salah satu nara sumber pada rangkaian rapat koordinasi Bakohumas se-Sultra di Kendari, Selasa, seperti diberitakan AntaraNews.com.

Menurut Kepala Pusat informasi dan Humas Kominfo pusat itu, adapun waktu yang digunakan setiap hari bagi penggunan yang mengakses Internet rata-rata lima jam melalui laptop/PC, dan sekitar dua jam melalui mobile device.

Sementara itu, lanjut dia, warga yang menggunakan media sosial sekitar 62 juta orang atau sekitar 75 persen atau 52 juta diantaranya mengakses media sosial melalui mobile divice dengan rata-rata waktu yang digunakan sekitar tiga jam per hari.

Terkait masalah penetrasi (penyeimbang) penggunaan media, ia juga menyebutkan bahwa pengguna dengan telepon seluluer 112 persen, televisi 95 persen, radio 47 persen, internet 29 persen, surat kabar 25 persen dan yang menggunakan majalah 13 persen.

“Tingkat keaktifan dan ketergantungan/keterikatan pengguna ponsel di Indonesia terbilang tinggi. Setiap satu pengguna handphone rata-rata memiliki tiga SIM card,” ujarnya.

Menurut Ismail, warga masyarakat dalam berkomunikasi dan berinformasi telah berubah secara dramatis, karena pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejalan dengan kemajuan TIK yang dari hari kehari terus mengalami kemajuan.

Kominfo juga mengakses bahwa, perilaku masyarakat yang menggunakan interner di Indoensia juga variatif, dan akses media sosial menempati urutan tertinggi yakni mencapai 64 persen saat online.

Urutan kedua hingga kelima adalah pengguna yang hanya mencari informasi dan mengirim dan menerima email dengan prosentasi masing-masing 48 persen dan yang hanya menggunanan Internet mengunduh dan chatting dan belajar rata-rata 47 persen dan sisanya bermain games dan mencari informasi dan sebagainya di bawah 35 persen. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*