Motor BBG/AntaraNews

Motor BBG/AntaraNews

Jakarta, LiputanIslam.com – Setelah anak SMK di Madura yang berhasil mengembangkan sepeda motor dengan bahan bakar gas (BBG) (Baca: Siswa SMK Kembangkan Sepeda Motor BBG), kini peneliti Indonesia asal Universitas Surya, Serpong unjuk karya karena telah berhasil menyempurnakan konverter kit yang digunakan sepeda motor biasa sehingga bisa menggunakan gas sebagai bahan bakarnya.

Seperti dilansir dari laporan antaranewscom, “Motor karya kami bekerja dengan konverter kit yang merubah gas menjadi sumber energi baru pada motor,” kata Direktur Peneliti Pusat Inovasi dan Sertifikasi Universitas Surya, Pudji Untoro di Serpong, Tangerang, Banten, Senin.

Ditambahkan oleh Pudji bahwa konverter kit merupakan rangkaian alat yang berfungsi mengalirkan gas dari tabung ke mesin sesuai dengan kebutuhan motor dan pengendara.

Seperti diketahui bahwa bukan kali pertama ini para peneliti mengembangkan konverter kit untuk sepeda motor, bahkan siswa SMK di Madura pun telah mampu membuktikannya, namun Pudji menklaim bahwa konerja motor BBG karya timnya merupakan model penyempurnaan dari penelitian-penelitian yang sudah ada, sehingga bisa dikatakan merupakan penyempurnaan model.

“Motor kami telah mengalami penyempurnaan dari penelitian-penelitian sebelumnya, di mana motor dapat dinyalakan dengan mudah dan langsam,” katanya.

Memang dalam penelitian sebelumnya masih ada beberapa kendala dalam mengoperasikan sepeda motor BBG. Misalnya tarikan gas tidak bisa responsif karena tidak langsam.

“Di motor kami, mau gas pelan ataupun kencang tidak ada masalah,” katanya.

Penelitian Pudji bersama timnya dimulai pada tahun 2010, dengan menggunakan sumber energi gas elpiji 3 kilogram. Alasannya menggunakan gas yang bisa disebut gas melon tersebut karena mudah ditemui dimana-mana. Keunggulan lainnya, motor BBG dengan konverter kit yang sudah di kembangkan mampu menggunakan berbagai jenis gas baik itu gas elpiji, LNG (Liquid Natural Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas),ataupun gas lainnya.

Pengembangan berikutnya Pudji berharap mampu mengembangkan energi biogas baik yang berasal dari kotoran ternak maupun sampah yang bisa dijadikan bahan bakar kendaraan bermotor BBG. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL