Sumber: babelprov.go.id

Bangka Selatan, LiputanIslam.com– Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyampaikan akan pentingnya menjalin hubungan yang baik dan menjaga toleransi antar umat beragama. Para pemuda diminta menjadi pelopor dalam menerapkan nilai-nilai toleransi. Hal itu disampaikan Riza pada pembukaan Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GPMKS) di GOR Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, pada Jumat (10/11).

“Dalam kesempatan ini saya pun ingin agar Bangka Selatan menjadi kabupaten pelopor dalam membentuk Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kepemudaan, khususnya di Sumatera. Saya ini kan juga pembina FKUB,” ujarnya.

Sementara, asisten Deputi Peningkatan IMTAK dan IPTEK Pemuda Kemenpora, Esa Sukmawijaya menyatakan bahwa menurunnya tingkat kegiatan kepemudaan khususnya di bidang keagamaan adalah hal yang mendasari digelarnya GPMKS di 34 provinsi di Indonesia. “Untuk Provinsi Bangka Belitung bahkan pada tahun 2009 posisinya terbawah dari 33 provinsi.  Untungnya pada data BPS tahun 2012, sudah tidak di peringkat terbawah lagi,” ungkapnya.

GPMKS merupakan rangkaian dari Kirab Pemuda 2017 yang melintasi 34 provinsi se Tanah Air. Kirab Pemuda diikuti 72 pemuda dari 34 provinsi, berkeliling melintasi dan menggelar berbagai kegiatan di seluruh provinsi yang terbagi ke yang dibagi ke dalam dua Zona, Barat dan Timur.  Kegiatan ini akan berakhir di Blitar, Jatim pada 6-8 Desember 2017.

Sebelumnya, GPMKS untuk zona I yang telah dilalui Kirab Pemuda 2017 digelar antara lain di Ogan Ilir (Sumsel), Tanjung Selor (Kaltara), Tenggarong (Kaltim), Banjar Baru (Kalsel), Sampit (Kalteng), Ketapang (Kalbar), Batam (Kepri), Deli Serdang (Sumatera Utara) dan Padang Panjang (Sumatera Barat). Sementara GMKS di Zona II diantaranya sudah melewati daerah Sentani (Papua), Kupang (NTT), Praya (NTB), Singaraja (Bali), dan Sorong (Papua Barat) dan Ambon (Maluku). (Ar/Republika/Kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL