Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Pemerintah Indonesia menunjukkan komitmennya membantu para pengungsi Rohingya. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengungkapkan, bahwa pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan bantuan bagi para pengungsi Rohingya dengan menggunakan dua pesawat Hercules C-130 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Rabu (20/9).

Menurut Bey Machmudin, bantuan kemanusiaan kali ini berisi sejumlah kebutuhan, seperti makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil, paket makanan siap saji, tenda, selimut, tangki air, serta kain sarung. Selain itu, ada juga bantuan dari Kementerian Kesehatan berupa obat-obatan.

“Selain itu, Kementerian Kesehatan juga turut memberikan bantuan berupa 1 ton paket obat-obatan untuk para pengungsi. Bantuan tersebut turut diterbangkan dalam pemberangkatan kali ini,” jelasnya.

Bantuan kemanusiaan kali ini, lanjut Bey, dikirimkan pemerintah Indonesia ke Myanmar. Namun, kedua pesawat tersebut akan singgah terlebih dahulu di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh, untuk melanjutkan perjalanan ke Myanmar pada Kamis (21/9)

Sementara sepekan sebelumnya, Rabu (13/9), pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan untuk pengungsi Rohingya yang ada di perbatasan Bangladesh-Myanmar. Menurut Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Dhaka, Bangladesh, hingga Senin (18/9), total bantuan kemanusiaan sebesar 74 ton dari Indonesia telah tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh. (Ar/Sekretariat Kabinet).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL