Kuliner IndonesiaJakarta, LiputanIslam.com — Pemerintah Indonesia mulai serius menggarap potensi Indonesia di bidang kuliner, khususnya di luar negeri. Selain ikut dalam berbagai even seperti festival makanan internasional, pemerintah juga berencana akan membuka restoran di tiga negara yaitu Korea Selatan, Jepang, dan Australia guna memperkenalkan kuliner tradisional kepada masyarakat internasional. (Baca juga: Masakan Tradisional ini, Jadi Duta Kuliner di Singapura)

“Untuk di Seoul (Korea Selatan) Pemerintah Kota Bandung berencana mendirikan restoran tradisional Sunda,” kata Direktur Promosi Konvensi Insentif Even dan Minat Khusus Kementrian Pariwisata, Rizki Handayani, seperti dilansir dari Antara, Sabtu 11 April 2015.

Sedangkan untuk Melbourne dan Sydney (Australia) serta Jepang, akan dibuka restoran dengan aneka ragam kuliner tradisional Indonesia dari berbagai daerah. “Kami sebagai pemerintah sangat mendukung upaya pembukaan restoran Indonesia di mancanegara, karena kuliner memberikan kontribusi PDB terbesar dari sektor ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Rizki mengakui dibandingkan negara lain seperti Thailand, keberadaan restoran Indonesia di mancanegara memang masih sedikit. Padahal, menurut dia, Indonesia memiliki keragaman kuliner yang tak kalah dibandingkan negara lain.

Untuk itulah, pihaknya telah meluncurkan buku 30 ikon kuliner tradisional Indonesia yang disebarkan ke seluruh perwakilan RI di mancanegara. “Setiap perwakilan RI di mancanegara harus menyajikan kuliner Indonesia dalam setiap acara rutin dan utamanya acara kenegaraan, sehingga masyarakat internasional makin mengenal Indonesia dan kulinernya,” jelasnya.

“Pemerintah mendukung promosi Indonesia sebagai destinasi wisata termasuk kuliner khasnya, itu pasti. Namun tetap ini merupakan tanggung jawab bersama, termasuk pelaku industri pariwisata,” ujarnya.

Terkait upaya tersebut perwakilan Indonesia di Beijing menyelenggarakan Festival Makanan Indonesia sejak Jumat (10/4) selama sepuluh hari di sebuah hotel berbintang berkelas internasional. “Ini merupakan upaya untuk lebih banyak menarik wisatawan Tiongkok ke Indonesia. Melalui kuliner mereka akan mengenal Indonesia, dan setelah mengenal maka mereka akan tertarik datang,” tutur Rizki.

Saat ini, sejumlah kuliner Indonesia seperti rendang, nasi goreng, dan ikan bakar juga disajikan di beberapa restoran Thailand, Malaysia, dan Singapura yang berada di Beijing. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL