Sumber: tokohbicara.com

Bondowoso, LiputanIslam.com– Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember, Moch. Eksan menyampaikan akan pentingnya pengamalan ideologi Pancasila dalam pembangunan nasional. Sebab, tanpa Pancasila maka pembangunan tidak akan berhasil secara maksimal. Hal itu ia sampaikan pada kegiatan Latihan Kader HMI II di Bondowoso, Jawa Timur, pada Jumat (1/12).

“Kalau membangun negara, jangan lupa membangun kesadaran masyarakat tentang Pancasila sebagai sumber nilai dalam berbangsa. Jika tidak, maka cita-cita reformasi hanya menjadi mimpi,” ujarnya.

Menurut Eksan, era reformasi pernah dielu-elukan  sebagai era kebangkitan bangsa menuju Indonesia modern, berkemajuan dengan kesejahteraan yang berkeadilan. Akan tetapi, pada kenyataannya harapan itu masih jauh.

Adanya demokrasi yang sangat baik pada era reformasi ini, lanjut dia, memang telah membentuk postur kebijakan publik dan alokasi anggaran yang semakin pro-rakyat. “Namun sayangnya, hal tersebut  belum menunjukkan tanda-tanda keberhasilan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang maksimal,” ucapnya.

Ia juga prihatin dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), daya saing, dan indeks kesejahteraan rakyat Indonesia yang masih kalah dengan Singapura, Thailand, dan Malaysia. Padahal, Indonesia memiliki semuanya yang semestinya bisa menjadi yang terbaik. Dari segi geografis dan demografis, luas wilayah Indonesia 53 persen dari luas wilayah ASEAN dan penduduk Indonesia 43 persen dari jumlah penduduk di kawasan ASEAN ini.

“Potensi begitu besar ini, belum dapat mendongkrak posisi Indonesia dalam konstelasi global sebagai negara besar yang diharapkan menjadi macan ASEAN,” kata Eksan. (Ar/NU Online).

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL