Sumber: kompas.com

Finlandia, LiputanIslam.com– Sprinter atau pelari Indonesia Muhammad Zohri meraih posisi terbaik dalam lomba lari 100 meter putra pada ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20  di Tampere, Finlandia, pada Rabu (11/7). Keberhasilan Muhammad Zohri menjadi juara pada ajang bergengsi ini merupakan capaian medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan dalam ajang ini.

Zohri berhasil mencapai garis akhir dalam waktu 10,18 detik (dengan percepatan angin searah pelari 1,2 meter/detik). Dia mengungguli duo sprinter asal Amerika Serikat, yaitu anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang masing-masing mencatatkan perolehan waktu 10,22 detik

“Sekarang, saya akan mempersiapkan Asian Games untuk bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan sangat bagus untuk karier saya,” ucap Zohri.

Zohri tampak percaya diri dalam babak penyisihan pada Selasa lalu dengan catatan waktu 10,30 detik. Kemudian, dia berada di urutan kedua pada semifinal dengan perolehan waktu 10,24 detik. Ia juga telah mengukir prestasi di tingkat Asia sebagai juara lari 100 meter U-20 pada awal tahun ini.

zohri berhasil mencetak sejarah bagi Indonesia dan dunia. Sebab, seperti dilansir situs resmi Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) pada Rabu (11/7/2018) mencatat bahwa, dalam 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, penampilan terbaik atlet Indonesia adalah finis posisi ke-8 pada 1986. (ar/Kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*