AntaraSumbar

AntaraSumbar

Padang Aro, LiputanIslam.com – Tiga pelajar Madrasah Aliyah Negari (MAN) Mauralabuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mampu berprestasi dengan menciptakan sikat cuci yang dapat mengeluarkan busanya sendiri.

Inovasinya tersebut terinspirasi dari kebiasaan masyarakat di sekitar lingkungannya yang sering mencuci menggunakan sikat. Sikat tersebut ternyata karya ketiga mereka yang disiapkan untuk lomba.

Karya pertama mereka berupa kapal yang digerakkan oleh magnet terpaksa di batalkan karena kurangnya bahan magnet yang mereka butuhkan.

Kemudian mereka menyiapkan karya kedua berupa kapal yang digerakkan oleh listrik yang dihasilkan oleh air garam. Karena prosesnya belum terlalu sempurna, akhirnya mereka pun mengurungkan proyek keduanya untuk dilombakan.

Akhirnya pilihan mereka jatuh pada sesuatu yang berguna dan digunakan masyarakat luas. Ide yang tercetus saat itu adalah sikat cuci yang langsung dapat mengeluarkan busa sabun. Kurang dari dua hari dari deadline lomba, mereka tetap mempersiapkan material lomba dengan tekun dan serius. Hasilnya karya mereka keluar sebagai juara pertama.

Produk yang telah mereka modifikasi berupa sikat cuci yang ditambahkan lubang-lubang kecil di sela-sela bulu sikatnya. Kemudian lubang tersebut ditutup dengan lubang penutup.

“Kami menerapkan hukum fascal, dimana tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Jadi setelah diberi lubang, kemudian diletakan sabun cuci lalu diberi tekanan membuat sabun itu keluar melalui lubang-lubang yang telah dibuat,” jelasnya seperti dilansir dari AntaraNews.com.

Hasil karya mereka dinilai mampu menghemat sabun, waktu dan tenaga. Dengan konsep efektif dan efisien sesuatu yang sederhana seperti sikat cuci menjadi memiliki nilai lebih dari sikat biasanya.

Akhirnya mereka pulang ke Sekolah setelah menjadi juara pertama dalam ajang “Physics Festival 2014” yang digelar oleh Universitas Andalas (Unand) Padang. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*