1530423APU-2014-18780x390BEPPU, LiputanIslam.com– Pelajar Indonesia di Ritsumeikan Asia Pacific University (Ritsumeikan APU) di Beppu, Oita, Jepang, kembali menggelar acara tahunan ‘Indonesian Week 2016’. Panitia menggagas tema “The Untold Indonesia”.

Kegiatan tahunan yang digelar mulai 11-15 Juli 2016 tersebut dibuka parade seni di sekitar areal kampus utama APU. Tampil sebagai hal unik dalam pembukaan acara itu adalah beberapa kelompok penari dari berbagai kewarganegaraan dengan busana khas Indonesia diiringi musik tradisional Indonesia, seperti angklung dan perkusi.

“Pesta budaya ini tidak hanya sekedar memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia di kalangan mahasiswa dan komunitas internasional di Jepang, tapi juga sarana bagi komunitas mahasiswa internasional untuk meningkatkan skil kerjasama antarbangsa dan mempererat hubungan antar budaya yang beragam,” Riz Arzaf, Ketua Panitia Indonesian Week 2016, Rabu (12/7/2016).

Riz menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga upaya anak-anak Indonesia di APU untuk menonjolkan kemegahan dan keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Untuk itulah, Indonesian Week tahun ini bukan sekedar tontonan pementasan budaya, tetapi juga semacam parade dan grandshow, antara lain lewat penyelenggaraan Hari Batik dan Seminar of Indonesia.

Adapun Hari Batik diisi dengan workshop batik dan diskusi tentang dunia batik. Reiko Neshige-san, seorang desainer dan ahli batik dari Jepang yang terkenal dengan “Indonesia Kimono Project” turut hadir pada acara tersebut. Sementara itu, pada “Seminar of Indonesia” hadir sebagai pembicara Ben Perkasa Drajad, Wakil Dubes Indonesia di Tokyo, dan Emil Dardak, Bupati Trenggalek, yang juga alumni APU.

Riz menuturkan, selama penyelenggaraan Indonesian Week ini pengelola kantin kampus APU menyuguhkan berbagai menu kuliner khas Indonesia. Bahkan, tersedia khusus “Indonesian Corner”, yakni ruangan yang penuh nuansa khas Indonesia.

“Di sinilah pengunjung bisa mengenal Indonesia lebih jauh melalui pameran foto, batik, pakaian tradisiona dan barang-barang antik khas Indonesia,” kata Riz.

Seperti biasanya, grand show berupa pertunjukkan kolosal seni drama, tari dan musik akan menjadi puncak acara sekaligus penutup Indonesian Week 2016. (ra/kompas)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL