Sumber: nu.or.id

Demak, LiputanIslam.com– Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) HA Helmy Faishal Zaini menyatakan bahwa kamandirian ekonomi warga NU (Nahdliyin) menjadi pilar penting tegaknya jamiyyah yang sehat dan berkualitas. Oleh karena itu PBNU mendorong kepada seluruh warga nahdliyin untuk berdikari dan mandiri secara ekonomi. Hal itu disampaikan Sekjen PBNU saat menghadiri pelantikan MWCNU Karangawen, Demak, Jawa Tengah, pada Minggu  (17/9).

HA Helmy Faishal Zaini menjelaskan, sikap PBNU yang mendorong kemandirian umat dalam ekonomi ini sesuai dengan hasil Muktamar ke-33 NU. Dari muktamar itu, NU diamanatkan untuk memajukan dan mendukung warga nahdliyin di tiga bidang yang meliputi pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Pada kesempatan itu, ia mencontohkan salah satu pesantren NU yang berhasil mengembangkan ekonominya. “Saya selalu mencontohkan bagaimana pesantren Sidogiri begeliat dan berhasil mengembangkan ekonomi mikro. Sekarang omset BMT Sidogiri sudah triliunan,” ungkapnya.

Menurut Helmy, pengembangan ekonomi mikro adalah sarana terbaik untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi.  Dengan adanya masyarakat yang mandiri secara ekonomi , maka akan mudah didorong untuk mewujudkan jamiyyah yang mandiri. Ia juga mengungkapkan tentang upaya PBNU untuk memberdayakan warga nahdliyin.

“Kami menyebut kegiatan pemberdayaan ekonomi dari warga, oleh warga dan untuk warga tersebut sebagai amal usaha dan usaha amal,” terang Helmy. (Ar/NU Online).

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL