Sumber: reportasenews.com

Pesuruan, LiputanIslam.com– Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) bekerja sama dengan PCNU Kabupaten Pasuruan mendirikan perguruan tinggi baru yang konsern di bidang sains dan teknologi bernama Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pasuruan. Peresmian ITSNU Pasuruan dilakukan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wengaging Gusti Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Sabtu (3/2).

Ketua PCNU Kab Pasuruan, H Imron Mutamakkin menuturkan bahwa proses berdirinya ITSNU menyita waktu cukup lama. Awalnya akan didirikan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), namun karena ada moratorium pendidikan tinggi, maka PCNU diarahkan ke pendidikan tinggi vokasional khususnya di bidang teknologi. “Menurut kami ini malah lebih bagus, karena NU agak tertinggal di bidang teknologi dan sains,” ucapnya.

Sementara Bupati Pasuruan H. Irsyad Yusuf menyatakan bahwa pemerintah daerah (Pemda) Pesuruan menyambut baik kehadiran perguruan tinggi teknologi di daerahnya. Menurutnya, keberadaan ITSNU akan signifikan bagi pengembangan Kabupaten Pasuruan, khususnya dalam memangkas disparitas kawasan Timur dan barat.

Irsyad mengaku, pihaknya akan mendukung sepenuhnya eksistensi dan kemajuan perguruan tinggi di bidang teknologi dan sains yang memang sangat dibutuhkan oleh daerah. “Kami akan menyiapkan perangkat kebijakan dan anggaran daerah yang dibutuhkan untuk mendukung kemajuan ITSNU,” ungkapnya.

Berdasarkan keputusan Kementerian Ristekdikti, ITSNU Pasuruan akan membuka 7 Program Studi: Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Pengolahan Hasil Pertanian, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, dan Desain Komunikasi Visual. (Ar/NU Online).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*