Patrick/Metrotvnews.com

Patrick/Metrotvnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Patrick Bryan Nugraha, siswa SMP IPEKA International Christian School (IICS) kelahiran 10 Februari 2000 ini telah menorehkan prestasi yang membanggakan orang tua dan bangsa. Ia berhasil menjadi salah satu yang terbaik dari 185 peserta yang berasal dari 32 negara. Ia mampu membawa pulang medali perak dari ajang International Junior Science Olympiad (IJSO) 2014 di Mendoza, Argentina.

Untuk menembus ajang internasional, sebelumnya Patrick telah memenangi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 dengan meraih medali emas dalam bidang fisika yang digelar di Padang pada Mei sebelumya. Kemudian pada tanggal 2-11 Desember 2014, Patrick terbang ke Argentina untuk mengikuti IJSO 2014, seperti dilansir dari metrotvnews.com (17/12).

Patrick menjadi siswa satu-satunya wakil dari DKI Jakarta di ajang IJSO 2014 tersebut. Patrick mengungkapkan sempat menghadapi kesulitan saat persiapan mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Patrick mengalami kesulitan dalam bidang yang tidak ia kuasai yakni biologi dan kimia. Terutama pada saat persiapan sebelum diberangkatkan ke Argentina, Patrick mendapatkan pendalaman materi dari para dosen-dosen berpengalaman. Patrick mendapatkan materi yang melampaui tingkat pendidikannya di SMP. Namun karena bantuan para dosen, doa teman-teman dan keluarganya, serta kerja kerasnya akhirnya Patrick mampu melewati rintangan tersebut.

Sejak awal, Patrick memang menyukai dunia sains terutama kejadian yang berada dilingkungan sekitarnya. Ia juga gemar membaca artikel sains terutama tentang ilmuan dan penemuannya yang digunakan hingga sekarang. Dari bacaan tentang artikel sains dan berbagai ilmuwan hebat di masa lalu, akhirnya Patrick terinspirasi untuk mempelajari sains lebih dalam lagi.

“Harapan terdekat saya ingin dapat mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional agar dapat mengharumkan nama sekolah dan Indonesia,” tambah Patrick.

IJSO sendiri merupakan olimpiade tahunan yang biasanya diadakan setiap tahun dengan melombakan bidang sains seperti fisika, kimia dan biologi untuk siswa-siswi berusia 16 tahun atau lebih muda. Penyelenggaraan ISJO 2014 merupakan yang kesebelas kalinya digelar. Tahun lalu, ajang ini digelar di Pune, India. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL