Ikan lautJakarta, LiputanIslam.com – Kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah membuat banyak negara kekurangan pasokan ikan. Menurutnya, sejak 20 tahun silam industri perikanan negara tetangga memanfaatkan ikan dari laut Indonesia. Akhirnya, saat pemerintah menerapkan aturan baru seperti pelarangan transshipment dan anti illegal fishing, industri perikanannya menjadi terganggu.

Malaysia adalah salah satunya. Antara permintaan dan ketersediaan ikan tidak seimbang di Negeri Jiran tersebut.  Susi mengatakan, bahwa pengusaha Malaysia berniat berinvestasi di sektor perikanan dan kelautan di Indonesia. Alasannya, stok ikan di negerinya sedang menurun.

Meski menyambut baik niat pengusaha Malaysia itu, Susi mengatakan bahwa dirinya hanya akan mempersilakan Malaysia berinvestasi di sektor hilir perikanan nasional. “Dia mau investasi, saya buka untuk cold storage (gudang pendingin) untuk processing, untuk aqua culture (budidaya ikan). Tapi, enggak boleh tangkap ikan,” ujar Susi di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (13/3/2015) seperti dilansir Kompas.

Susi melanjutkan, dirinya melarang adanya investasi asing di sektor hulu perikanan atau penangkapan ikan langsung. Pasalnya, penangkapan ikan hanya untuk para pengusaha dan nelayan Indonesia.

Menurut Susi, Malaysia memiliki perikanan budidaya yang besar. Namun, sektor perikanan laautnya tak sebesar Indonesia. “Kalau aqua culture-nya dia (Malaysia) besar, tapi kan rakyat enggak cuma mau ikan aqua culture saja tapi juga ingin makan ikan laut,” kata Susi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia Irmohizam Hj Ibrahim mengatakan bahwa salah satu investasi yang sedang dibicarakan adalah cold storage. “Apakah akan berinvestasi seperti cold storage ini adalah salah satu yang kami bahas. Untuk mengukuhkan lagi usaha ekonomi. Kita melihat bekalan (stok) ikan perlu untuk membantu pasaran di Malaysia. Saya minta Bu Susi untuk membantu,” ucap dia.

Menurut dia, kekurangan stok ikan di Malaysia karena sedang musim muson. Oleh karena itu, dia pun mengatakan memerlukan dukungan dari negara yang memiliki stok ikan berlimpah seperti Indonesia. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*